Cegah DBD, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung ajak gunakan Ovitrap

image_pdfEksporimage_printCetak

Reihana

Sosialisasi penggunaan Ovitrap segera diinstruksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dr. dr. Hj. Reihana, M.Kes pada hari Minggu tanggal 17 Februari 2019 pukul 16.00 di Taman Gajah Bandar Lampung.

instruksi tersebut berupa mengajarkan cara membuat dan menggunakan Ovitrap sambil membagi – bagikan Ovitrap yang telah dibuat oleh pegawai Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing (Kamabi) Saka Bhakti Husada (SBH) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Lampung telah menginstruksikan kepada Kamabi SBH Kwarcab se Provinsi Lampung untuk mengajak anggota SBH membuat Ovitrap minimal 1 anggota 5 buah untuk dibagi-bagikan kepada keluarga dan tetangga.

Ovitrap adalah suatu perangkap untuk tempat bertelur nyamuk Aedes yang pada bagian atasnya diberi kasa sehingga setelah telur menjadi nyamuk dewasa maka ia terperangkap sehingga tidak bisa terbang. Ovitrap bisa kita buat sendiri dengan menggunakan bahan bahan yang sederhana.

Adapun bahan yang diperlukan adalah wadah plastik bekas air mineral, plastik hitam, kain kasa, selotip, gunting/cutter dan air. Selain itu untuk menarik perhatian nyamuk agar mau mendekat ke Ovitrap maka pada air kita larutkan gula dan ragi.

Ovitrap merupakan salah satu bentuk “plus” yang dilakukan untuk pengendalian penyakit DBD.

You might also like More from author