Dinkes Lampung terus Sosialisasikan Asuhan Gizi dan E-PPGBM Puskesmas

image_pdfEksporimage_printCetak

Bandar Lampung ————————– Upaya perbaikan gizi masyarakat merupakan salah satu amanat Undang-undang Kesehatan Nomor 36 tahun 2009. Upaya perbaikan gizi ditujukan untuk peningkatan mutu gizi perseorangan dan masyarakat yang dilakukan pada seluruh siklus kehidupan sejak dalam kandungan sampai lanjut usia, dengan prioritas pada kelompok rawan yaitu bayi dan balita, remaja perempuan, ibu hamil dan ibu menyusui.

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) disebutkan bahwa puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dan berfungsi menyelenggarakan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) tingkat pertama di wilayah kerjanya.

Puskesmas sebagai Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota akan berkontribusi dalam pencapaian target Standar Pelayanan Minimal (SPM) kesehatan kabupaten/kota yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah setempat, yang dilaksanakan melalui fasilitasi dan pembinaan dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dr. dr. Hj. Reihana, M.Kes berpesan “Masalah kesehatan terutama masalah kesehatan ibu, anak dan gizi merupakan masalah yang sangat komplek karena timbulnya masalah kesehatan  dari suatu wilayah dipengaruhi berbagai faktor, baik faktor individu, keluarga dan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan pemahaman terhadap masalah-masalah tersebut.” Dalam sambutannya pada pembukaan acara Orientasi Asuhan Gizi Dan EPPGBM Puskesmas Tingkat Provinsi Lampung yang dilaksanakan di Hotel Novotel, 3 September 2019 .

“Tenaga yang memberikan pelayanan gizi di puskesmas idealnya adalah tenaga profesional yang memberikan layanan fungsional teknis mengenai layanan gizi meliputi aspek asuhan gizi klinis, asuhan gizi masyarakat dan penyelenggaraan makanan sebagai substansi terapi pada pasien” Lanjutnya.

Melalui sistem E-PPGBM (Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat) pula, Puskemas lebih cepat dan akurat dalam pelaporan  pencapaian indikator program gizi guna peningkatan efektifitas dan efisiensi perbaikan gizi masyarakat.

Download Materi Kegiatan Orientasi Asuhan Gizi Dan EPPGBM Puskesmas Tingkat Provinsi Lampung

You might also like More from author