Kesrak PKK-KB-Kesehatan

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dr. dr. Hj. Reihana, M.Kes (Rabu, 30/11) bertindak sebagai Koordinator Lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Provinsi Lampung Tahun 2016 di Pekon Sido Katon Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. Dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Pelaksanaan kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan kegiatan Bakti Sosial TNI-KB-Kesehatan terpadu sampai bulan Oktober, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan pada bulan Oktober s.d. Desember, dan berkaitan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tanggal 12 November, Hari Kesatuan Gerak PKK yang sekarang ditetapkan menjadi tanggal 04 Maret serta Hari Keluarga tanggal 29 Juni.

Dengan dukungan keterpaduan lintas sektor, kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan akan bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan institusi KB-Kesehatan di desa, dengan para kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai sasaran utama.

Sebagai upaya memberikan penghargaan terhadap berbagai usaha yang telah dilaksanakan, sesuai dengan petunjuk yang disampaikan tim pusat, maka pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tahun 2016 akan dilakukan penilaian terhadap 4 (empat) jenis kegiatan, yaitu 1) Pelaksana terbaik kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, 2) Pelaksana terbaik Posyandu, 3) Pelaksana terbaik PHBS di Rumah Tangga, 4) Pelaksana terbaik Lingkungan Bersih dan Sehat. Penilaian dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional dalam kategori kabupaten dan kota.

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Yustin Ficardo, S.Sos juga berharap melalui Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan ini juga dioptimalkan promosi kesehatan tentang penanggulangan Kanker Servik/leher rahin yang dapat terlihat dengan banyaknya kaum perempuan yang mengetahui tentang kanker serviks dan cara penanggulangannya, serta peningkatan jumlah yang melakukan deteksi dini, terutama melalui pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat).

Diakhir sambutan Dr. dr. Hj. Reihana, M.Kes berharap Kabupaten/Kota yang nantinya terpilih mewakili Provinsi Lampung di Tingkat Nasional mendapat nominasi-nominasi terbaik.

You might also like More from author