Peningkatan Kapasitas Petugas Kesehatan

image_pdfEksporimage_printCetak

Dalam pengelolaan Program TBC selain fokus pada tata laksana kasus individu petugas juga harus mengetahui dan berupaya menurunkan beban TBC pada populasi di wilayah kerjanya.

Harapan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dr.dr.Hj. Reihana, M.Kes saat membuka Pertemuan Peningkatan Kapasitas Petugas Program Tuberkulosis di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Provinsi Lampung Tahun 2019, Selasa (5/11) di Hotel Emersia, Bandarlampung.

Lebih lanjut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung tersebut mengungkapkan bahwa tuberkulosis masih merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia dimana setiap 1000 penduduk pertahun terdapat 2 sampai 3 orang penderita TBC.
Untuk itu Dr.dr.Hj. Reihana, M.Kes berharap angka tersebut dapat ditindaklanjuti sampai di tingkat Puskesmas untuk dilakukan upaya penemuan dan pengobatan. “Tantangan saat ini adalah penemuan kasus masih rendah dan pengobatan tidak sesuai standar” Ujar Dr.dr.Hj. Reihana, tantangan lain yaitu TBC Resisten obat serta hubungan TBC dengan HIV, TBC dengan diabetes, TBC ex Paru dan TBC anak” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung berharap pertemuan ini dapat mendorong bagi peningkatan cakupan penemuan dan angka kesembuhan yang tinggi sehingga resistensi obat TBC dapat di cegah.

You might also like More from author