peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ke-12

image_pdfEksporimage_printCetak

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, Senin (04/11), menghadiri Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia Ke 12 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019 yang dipusatkan di SDN 01 Bakung, Teluk Betung Barat, Bandar Lampung.

Pada kesempatan tersebut Ibu Riana Sari Arinal mengajak semua masyarakat untuk senantiasa membiasakan diri Cuci Tangan Pakai Sabun di air mengalir. “Cuci tangan pakai sabun merupakan langkah kecil untuk memulai hidup sehat, dalam rangka melindungi masyarakat secara efektif dari penyakit seperti diare dan infeksi saluran pernapasan (ISPA)” Ujar Ibu Gubernur Lampung tersebut.

Ketua TP-PKK Provinsi Lampung itu juga menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan kampanye CTPS seperti yang dilakukan saat ini adalah suatu upaya bagi penurunan angka kematian dan stunting, akibat penyakit diare yang ditimbulkan karena kurangnya akses sarana air bersih, sarana sanitasi dan sarana cuci tangan. Untuk itu iya berharap agar sekolah-sekolah dapat memenuhi kebutuhan sarana tersebut yaitu sarana air bersih, sarana sanitasi termasuk sarana CTPS nya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dr.dr.Hj. Reihana, M.Kes selaku penyelenggara kegiatan, dalam laporannya menjelaskan bahwa Kegiatan CTPS dengan dikombinasikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dapat melindungi anak-anak dari berbagai penyakit. Kegiatan ini dapat dilakukan sekolah dalam menjalankan program UKS.

Kegiatan Hari CTPS 2019 diawali dengan penanda tanganan Komitmen CTPS dan Cap tangan, serta Praktek CTPS.

Di kegiatan itu juga Ketua TP-PKK Provinsi Lampung, mengajak melakukan komitmen Eco school dengan pengurangan sampah plastik dan membiasakan membawa Tumbler. Acara diakhir dengan mengajak anak-anak bermain ular naga serta pembagian doorprize.

You might also like More from author