Posko Mudik Lebaran Tahun 2016

POSKO MUDIK 2016

Dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1437 H dan mengantisipasi arus mudik serta arus balik di Provinsi Lampung, Jajaran Kesehatan Provinsi Lampung membentuk posko pelayanan sebanyak 65 Posko  selama 16 hari (H-7 s.d H+7)  yang terdiri dari:

  1. Posko 24 jam yang didirikan Provinsi yang juga dilengkapi dengan Pelayanan Pijat Akupressure dan Akupunktur di lokasi Rajabasa dan Pasir Putih, serta Memberdayakan RS Keliling (Mobile Clinic) untuk  mendukung posko pelayanan yang ada. Posko Pelayanan Pijat Akupressure dan Akupunktur ini bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan akibat kelelahan dalam perjalanan mudik, dengan petugas sebanyak 5 orang, 3 orang dokter, 1 orang perawat, dan 1 orang pengobat tradisional serta didampingi dan diawasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Persyaratan pasien yang dapat diberikan layanan pijat akupressure dan akupunktur ini antara lain : berusia di atas 12 tahun, tidak dalam keadaan hamil,  tidak menderita penyakit kelainan pembekuan darah, tidak sedang mengkonsumsi obat pengencer darah, tidak dalam kondisi gawat darurat, tidak sedang membutuhkan tindakan operasi, tidak sedang menderita tumor ganas, tidak sedang dalam kondisi terlalu kenyang atau terlalu lapar, tidak menderita penyakit infeksi dan kadar gula < 200 mg/dl. Posko Pelayanan Pijat Akupressure dan Akupunktur ini juga berada di jalur Lintas Barat (Kab. Pringsewu) dan Lintas Timur (Kab. Lampung Tengah).
  2. Dinas Kesehatan Provinsi Lampung juga melaksanakan kegiatan pemantauan Posko 3 kali dalam sehari dengan menggunakan Ambulance. Laporan juga kami sampaikan ke Kementerian Kesehatan RI di Jakarta secara online setiap hari pada jam 8 pagi. Koordinator posko kordinator kesehatan: WAYAN ARIAWATI, SKM.,M.Kes  [081279428911], dr. LUSI DARMAYANTI, MPH  [085269086644], APRIAN, S.Kep  [08127934943].
  3. 61 Posko  yang tersebar di 15 Kabupaten Kota se-Provinsi Lampung sepanjang jalur mudik. Dinas Kesehatan Kab/Kota bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan kegiatan, baik Puskesmas yang terletak di jalur arus mudik/balik maupun Puskesmas lain yang diperbantukan termasuk RS Pemerintah dan Swasta di wilayah kerjanya.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Humas Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dr. Asih Hendrastuti, M.Kes (Hp. 082177016688)
email: humas.kesehatanlampung@gmail.com

 

You might also like More from author