Tim Nusantara Sehat Batch 5 Periode III Tahun 2016 tiba di Provinsi Lampung

Bandar Lampung,  November 2016 – Sebanyak 17 orang tenaga kesehatan yang tergabung dalam Tim Nusantara Sehat Batch 5 Periode III Tahun 2016 untuk Provinsi Lampung hari ini Kamis (01/12) diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dr. dr. Hj. Reihana, M.Kes di Auditorium Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Selanjutnya Tim Nusantara Sehat ini akan dibagi menjadi 3 (tiga) dan ditempat kapada 3 (tiga) puskesmas yang berbeda yaitu Puskesmas Way Dente Kabupaten Tulang Bawang, Puskesmas Pagar Dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat, dan Puskesmas Gisting Jaya Kabupaten Way Kanan.

Dalam acara serah terima Tim Nusantara Sehat yang dihadiri oleh Jajaran Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan, BKD Provinsi Lampung, Bappeda Provinsi Lampung, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, dan Way Kanan, Kadinkes menyampaikan bahwa Fokus kebijakan Kementerian Kesehatan RI untuk periode 2015-2019 adalah penguatan Pelayanan Kesehatan Primer. Prioritas ini didasari oleh permasalahan kesehatan yang mendesak seperti angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, angka gizi buruk, serta angka harapan hidup yang sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer. Penguatan Pelayanan Kesehatan Primer mencakup tiga hal, yaitu: Fisik (pembenahan infrastruktur), Sarana (pembenahan fasilitas), dan Sumber Daya Manusia (penguatan tenaga kesehatan). Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan tersebut. Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan oleh Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Program Nusantara Sehat bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di DTPK (Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan) dan DBK (Daerah Bermasalah Kesehatan) dan tujuan- tujuan yang terkait dengan keberlangsungan pelayanan kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas di DTPK. Kepada Kementerian Kesehatan RI, Kami sekali lagi sampaikan rasa terima kasih atas penempatan Tim Nusantara Sehat di Provinsi Lampung. Kami berharap pada periode selanjutnya kami masih diberikan untuk penempatan Tim Nusantara Sehat pada puskesmas- puskesmas lainnya yang SDMKnya belum memenuhi standar.

Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten, Kami berharap adanya dukungan dan komitmen bagi keberlangsungan program Nusantara Sehat ini dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada tatanan puskesmas. Keberlangsungan pelayanan kesehatan primer pasca penugasan Tim Nusantara Sehat, kiranya menjadi pertimbangan Pemerintah Daerah. Disamping itu, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota juga berkomitmen untuk menyediakan data dan informasi SDMK di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan dan jaringannya serta UPTD berdasarkan metode analisis beban kerja dan metode standar ketenagaan minimal. Hal ini sebagai dasar pertimbangan untuk pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan di daerah.

Kami atas nama Pemerintah Provinsi Lampung dengan bangga dan penuh rasa syukur menerima kehadiran dan bakti Saudara sekalian di Provinsi Lampung. Kami mengucapkan “Selamat Bertugas” di Provinsi Lampung, “Sai Bumi Ruwai Jurai”. Kami berharap, Saudara sekalian betah dan mempunyai kesan yang positif pada daerah yang akan ditempati, dapat menyelesaikan penugasan ini sampai waktunya. Pada kesempatan ini, Saya berpesan kepada Saudara sekalian, 1) Mengatasi masalah kesehatan akan lebih mudah bila dilakukan secara tim, oleh karena itu jadilah tim yang solid dan handal, 2) Kesulitan-kesulitan yang akan ditemui di lapangan jangan dijadikan sebagai suatu hambatan, tetapi anggaplah sebagai suatu tantangan yang perlu di atasi. Karena itulah, Kementerian Kesehatan menugaskan Saudara sekalian untuk tugas yang mulia ini 3) Hormatilah adanya kearifan dan budaya lokal, berinteraksi dengan petugas kesehatan dan masyarakat di tempat saudara bertugas, 4) Bekerjalah sesuai dengan kewenangan masing-masing profesi, dan memperhatikan standar-standar pelayanan.

Tak lupa Dr. dr, Hj. Reihana, M.Kes mengucapkan selamat bertugas kepada Tim Nusantara Sehat yang di tempatkan di Provinsi Lampung, semoga diberi kemudahan dan kesehatan dalam melaksanakan tugas.

You might also like More from author