Tips GEMES (Gerakan Mengemudi Sehat)

Kecelakaan lalulintas di jalan raya merupakan penyebab kematian yang cukup tinggi, keinginan masyarakat untuk merayakan hari raya di kampung halaman dengan kendaraan pribadi baik kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat masih sangat tinggi, untuk itu perlu membudayakan keselamatan di jalan raya pada setiap masyarakat pengguna kendaraan bermotor.

Agar terhindar dari kecelakaan lalulintas maka diperlukan menjadi pengemudi ‘Hebat’ artinya H adalah hindari berkendara saat kondisi tubuh tidak sehat, ngantuk, dan kelelahan. E adalah enyahkan asap rokok dan alkohol jika berkendara.

Sedangkan B adalah beri pertolongan segera bila terjadi kecelakaan. A adalah ayo beristirahat jika mengantuk atau kelelahan saat mengemudi dan T adalah tetapi ingat, penumpang mempunyai risiko akibat kecelakaan yang sama dengan pengendara.

Berikut tips gerakan mengemudi sehat:

  1. Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik.
  2. Gunakan masker dan lindungi diri anda dari asap, debu dan polusi..
  3. Cuci tangan pakai air sabun dan air mengalir sesering mungkin.
  4. Konsumsi makanan dan minuman yang bersih dan layak, perbanyak makan buah dan sayur.
  5. Tidak memakai narkoba atau minuman keras ketika mengemudi.
  6. Tidak buang air kecil/besar sembarangan gunakan dan jaga toilet umum agar bersih, sehat, dan nyaman serta buang sampah pada tempatnya.
  7. Beristirahat tiap 4 jam perjalanan, jangan memaksakan mengemudi bila lelah/mengantuk.
  8. Manfaatkan posko kesehatan atau tempat istirahat untuk bisa melakukan olah raga kecil dan bisa melakukan gerakan relaksasi khususnya kaki, tangan dan leher.
  9. Jangan lupa  membawa obat-obatan sederhana antara lain obat anti diare, obat sakit kepala, obat anti alergi, obat anti mual-muntah khususnya untuk mencegah mabuk perjalanan serta obat sakit maag.
  10. Jangan lupa membawa obat2 rutin dikonsumsi untuk penderita penyakit kronis misal penderita kencing manis, hipertensi, penderita asma, kolesterol tinggi dan asam urat.
  11. Disiplin dan patuhi rambu – rambu lalu lintas. Kurangi kecepatan kendaraan anda saat turun hujan/cuaca buruk. Waspada kondisi jalan sempit, bergelombang atau rusak. Periksa kondisi kelayakan kendaraan Kendaraan tidak melebihi muatan dan tidak menyalahi peruntukan kendaraan (pilihlah kendaran yang tepat).
    Berhati-hatilah dan selalu waspada agar terhindar dari kejahatan selama dalam perjalanan.

Utamakan keselamatan daripada kecepatan, Jadilah masyarakat bijak di jalan Raya. Salam Sehat

You might also like More from author