Ajak Warga Imunisasi Lengkap lewat Pekan Imunisasi Dunia (PID) Tahun 2019

image_pdfEksporimage_printCetak

Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah anak yang tidak mendapatkan imunisasi lengkap cukup banyak Situasi ini telah berdampak pada munculnya Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi seperti Difteri, Campak dan Polio.

Tantangan yang umum ditemukan antara lain, pasokan vaksin, manajemen rantai dingin, pemberian layanan serta adanya rumor isu negatif tentang vaksin.

Tantangan lainnya yang cukup penting adalah kurangnya pengetahuan tentang manfaat imunisasi dan kerugian ekonomi akibat kecacatan atau kematian yang timbul apabila anak yang berada di Iingkungan sekitar kita tidak mendapatkan imunisasi lengkap.

Dengan tajuk yang telah ditentukan yaitu “Imunisasi Lengkap, Indonesia Sehat”, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung bersama Lembaga Swadaya Masyarakat, Penguruan Tinggi, Organisasi Profesi,Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Jurnalis/Media, dan rekan Dunia Usaha berperan aktif mengajak warga untuk mengenal Imunisasi lebih baik lagi dari Menunjukan nilai penting dan manfaat imunisasi untuk kesehatan anak -anak dan masyarakat dunia, mengatasi kesenjangan cakupan imunisasi melalui peningkatan investasi program, serta menyampaikan bahwa imunisasi rutin lengkap merupakan dasar untuk sistem kesehatan yang kuat, tangguh dan cakupan kesehatan universal.

Peran lintas program dan lintas sektor sangat dibutuhkan untuk memberikan pemahaman kepada semua pihak bahwa imunisasi sangat penting untuk meningkatkan kesehatan, menghambat Kejadian Luar Biasa (KLB) di masa yang akan datang dalam rangka mewujudkan generasi bangsa yang kuat dan cerdas.

Keterangan Foto : Suasana pelaksanaan Pekan Imunisasi Dunia (PID) thn 2019, di Salah satu Puskesmas di Kab. Way kanan, dilaksanakan secara rutin dan serentak, setiap tahun di seluruh dunia setiap bulan April.

You might also like More from author