Dinkes Lampung Selenggarakan Pertemuan Orientasi Tim Pembina Unit Kesehatan Sekolah

Bandar Lampung ——————– Undang – Undang Tentang Kesehatan mengamanahkan bahwa kesehatan adalah keadaan sehat secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Lewat sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dr. dr. Hj. Reihana, M.Kes mengatakan bahwa “Anak usia sekolah merupakan sasaran intervensi kesehatan yang strategis karena jumlahnya besar, dapat dijangkau melalui sekolah dan kesehatan anak sekolah akan menentukan kualitas pada usia produktif. namun situasi gizi dan kesehatan anak usia sekolah masih belum sesuai dengan yang diharapkan.” di Hotel Emersia Bandar Lampung (10/09/2019).

Masalah Perilaku anak karena polaasuh yang kurang baik ( kurang sayur buah, tidak sarapanpagi, Konsumsi Mie Instant, Junk Food Dan Minuman Bersoda), Masalah Phbs (Tidak Cuci Tangan, Tidak Selalu Sikat Gigi,dan Kurang Aktifitas Fisik), Lingkungan Sekolah (Tawuran, Bullying) serta masalah mental emosional seperti merasa kesepian dan khawatir.

Dalam Rangka Mewujudkan Peserta Didik Yang Sehat Di Sekolah Dilakukan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (Uks/M). Sebagaimana Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama Dan Menteri Dalam Negeri Tentang Pembinaan Dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah.

Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Merupakan Wadah Untuk Berbagai Program Kesehatan. Program Kesehatan Itu Antara Lain Kesehatan Reproduksi, Gizi, Pencegahan Penyalahgunaan Napza, Pengendalian Penyakit, Penyehatan Lingkungan Dan  Promosi Kesehatan. Wadah Ini Menjadi Penting Dan Strategis Karena Pelaksanaan Program Melalui Uks Jauh Lebih Efektif Dan Efisien Serta Berdaya Ungkit Lebih Besar.

Mulai Tahun 2016 Telah Dilaksanakan Pilot Uks Dengan Mengembangkan Model Sekolah/ Madrasah Sehat Di 16 Sd/Mi Dengan 3.138 Peserta Didik Di Jakarta Pusat Dan Kepulauan Seribu. Sekolah Yang Dipilih Adalah Sekolah Yang Kondisinya Kurang Baik Dalam Hal Pelaksanaan Trias Uks Serta Dengan Pertimbangan Tingkat Sosial Ekonomi Rendah .

Pengembangan Model Sekolah Sehat Terus Dilaksanakan Dari Tahun Ke Tahun. Dari Setiap Provinsi Dan Kabupaten Kota  Mulai Dari Tingkat Sampai dengan Sampai SMA termasuk di Provinsi Lampung dikembangkan Model Sekolah Sehat. Hasilnya Menunjukkan Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Peserta Didik Yang Cukup Signifikan.

Perbaikan Kondisi Kantin Sekolah Dalam Hal Pengolahan Dan Penyajian Makanan, Perbaikan Lingkungan Sekolah, Perbaikan Kondisi Dan Kelengkapan Sarana Prasarana Uks, Peningkatan Praktek Phbs Peserta Didik Di Sekolah Dan Penurunan Jumlah Hari Ketidak Hadiran Karena Sakit.

Untuk Makin Mengembangkan Model Sekolah/ Madrasah Sehat di Provinsi Lampung,  Maka Perlu Dilaksanakan  Koordinasi Dengan Semua Sektor Terkait  Melalui Pertemuan Orientasi TP UKS Tingkat Provinsi Lampung Ini.

Download Materi Pertemuan Orientasi TP UKS Disini