Gubernur Lampung : Bukan Hanya Covid-19, DBD Juga Harus Diwaspadai

Bandar Lampung — Pemerintah Provinsi Lampung kembali menggelar Rapat Koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Lampung. Rapat yang dipimpin langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tersebut digelar di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Lampung, Jumat (20/03). Gubernur Arinal mengungkap, bahwa dalam waktu dekat Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, akan berkunjung ke Lampung guna melakukan pertemuan persiapan penanganan Covid-19 di wilayah Lampung.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Lampung juga mengingatkan untuk melakukan penanganan Covid-19 sesuai dengan SOP yang berlaku, dan tidak diperkenankan menyebarluaskan nama-nama pasien ODP (Orang Dalam Pemantauan). “Saya mengingatkan untuk tidak menyebarluaskan nama-nama pasien ODP. Selain itu, saya juga minta kita tidak hanya fokus pada penanganan corona, tetapi kita juga harus fokus ke DBD (Demam Berdarah Dengue),” pinta Gubernur Arinal.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung, Reihana, melaporkan bahwa pihaknya telah menjaga pintu masuk menuju Provinsi Lampung, baik melalui bandara maupun pelabuhan. “Alhamdulillah kita sudah menempatkan petugas kesehatan di pintu masuk Provinsi Lampung seperti bandara dan pelabuhan. Dimana petugas tersebut sudah dilengkapi peralatan pemantau kesehatan, seperti thermo gun dan lain sebagainya. Jadi mencapai 38° celcius langsung kita isolasi,” paparnya.
Gubernur Lampung Bukan Hanya Covid-19, DBD Juga Harus Diwaspadai (1)
Reihana juga memaparkan bahwa pentingnya self isolation selama 14 hari untuk menghentikan laju penularan Covid-19. “Ketika seseorang kontak Covid-19, maka harus ditunggu 14 hari minimal. Jika tidak terjadi apa-apa maka orang itu aman.
Dengan self isolation 14 hari dapat memotong rantai penularan. Ini akan berhasil jika semua orang tetap tinggal di rumah masing-masing selama 14 hari,” pungkas Reihana.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Gubernur Arinal ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Chusnunia Chalim, Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto, seluruh Kepala OPD Provinsi Lampung, jajaran Forkopimda di Provinsi Lampung, NU Lampung, dan MUI Provinsi Lampung.

Sumber :Diskominfotik Provinsi Lampung