Hari Ginjal Sedunia 10 Maret 2022

Setiap 1 dari 10 orang di dunia memiliki masalah kesehatan ginjal. Rendahnya pengetahuan terhadap penyakit ginjal kronis dan keterlambatan deteksi dini menyebabkan jumlah penderita ginjal kronis meningkat.

Penyakit ginjal kronis seringkali disebut sebagai silent killer. Karena setiap penderitanya tidak merasakan gejala tertentu, baru sakit ginjal setelah memasuki stadium lanjut. Jika tidak segera ditangani bisa memperburuk kondisi kesehatan bahkan berujung pada kematian.

Penyakit ginjal kronis juga bisa disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat lho. Selain dari makanan yang dikonsumsi, sering menahan kencing dan kurang minum bisa berdampak pada kesehatan ginjalmu lho. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air 8 gelar sehari dan jika merasa ingin buang air kecil jangan di tahan ya, tinggalkan aktivitasmu sesaat dan bergegaslah ke toilet.

Cara lain yang juga bisa kamu lakukan buat jaga kesehatan ginjalmu adalah dengan menerapkan 8 Golden Rules, yaitu rutin aktivitas fisik, makan makanan sehat, rutin kontrol gula darah, kontrol tekanan darah, cukupi kebutuhan cairan tubuh, tidak merokok, dan jangan konsumsi obat pereda nyeri terlalu sering.

Kesehatan ginjalmu berpengaruh besar terhadap kualitas hidupmu. Untuk itu, pada peringatan Hari Ginjal Sedunia 2022, dunia mengajak kita semua untuk lebih peduli terhadap gejala, faktor risiko, dan kesadaran tentang bagaimana hidup dengan penyakit ginjal. Ini semua dilakukan karena kita ingin setiap orang memiliki ginjal yang lebih sehat.

#worldkidneyday
#kidneyhealthforall