Dinkes Lampung dan Jajaran Gelar Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dalam Rangka Hari Jadi ke-60 Provinsi Lampung

Dinkes-Lampung-dan-Jajaran-Gelar-Deteksi-Dini-Kanker-Leher-Rahim-dalam-Rangka-Hari-Jadi-ke-60-Provinsi-Lampung-3-1

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, dr. Edwin Rusli, MKM, membacakan sambutan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, pada acara pemeriksaan DNA HPV dan IVA test untuk deteksi dini kanker leher rahim dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-60 Provinsi Lampung Tahun 2024 Selasa pagi (05/03/24) di UPTD Labkesda Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan bahwa kasus kanker leher rahim menduduki peringkat ke-2 dan angka kematiannya menduduki peringkat ke-3 di Indonesia. Ditambah lagi, pembiayaan kanker leher rahim menduduki peringkat ke- 2 tertinggi di antara jenis kanker lainnya, yaitu sampai dengan 98 milyar pada tahun 2020 dan 2021.

Dinkes-Lampung-dan-Jajaran-Gelar-Deteksi-Dini-Kanker-Leher-Rahim-dalam-Rangka-Hari-Jadi-ke-60-Provinsi-Lampung-5
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, dr. Edwin Rusli, M.K.M saat membacakan sambutan Gubernur Lampung pada acara Deteksi Dini Kanker Leher Rahim di Labkesda Provinsi Lampung (Selasa,5 Maret 2024)

Kanker leher rahim berhubungan dengan Human Papilloma Virus (HPV), yang merupakan salah satu Infeksi Menular Seksual (IMS) yang paling sering terjadi. Infeksi ini dapat menetap dan berkembang menjadi abnormal atau sembuh sempurna. Untuk itu, perlu dilakukan deteksi dini untuk mengetahui ada tidaknya perkembangnya sel kanker dari infeksi virus HPV tersebut, salah satunya dengan pemeriksaan DNA HPV dan IVA test, sehingga
kanker yang ditemukan pada stadium dini dapat diobati dengan cepat, tepat dan akan menghasilkan angka kesembuhan yang lebih tinggi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur RSUDAM Provinsi Lampung, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, TP PKK Provinsi Lampung, DWP Provinsi Lampung dan Ketua DWP Unit Dinas Kesehatan Provinsi Lampung beserta anggota.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung (Duduk di Tengah), Direktur RSUDAM (Duduk Kiri gambar), Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung (Duduk Kanan Gambar) Beserta Dharma Wanita Pesatuan Provinsi Lampung (Berdiri di Belakang)

Kegiatan deteksi ini diikuti oleh 500 orang pegawai wanita di Lingkungan Pemprov Lampung dan masyarakat umum berusia 30 – 69 tahun dan didukung oleh RSUDAM, RSUD BNH, UPTD Labkesda, UPTD Instalasi Farmasi & Kalibrasi Alkes, UPTD Bapelkes dan Yayasan Kankes Indonesia Cabang Lampung.

Dengan deteksi ini dapat diketahui apakah ada atau tidaknya lesi/luka pra-kanker serta ada tidaknya infeksi virus HPV untuk menentukan tindak lanjut yang tepat baik berupa imunisasi ataupun pengobatan virus.

Persiapan Tim Tenaga Kesehatan Terampil diruang pemeriksaan Deteksi Dini HPV DNA

Bapak Gubernur Lampung juga mengapresiasi para peserta yang sudah mendaftar dan bersedia untuk diskrining karena hal tersebut merupakan langkah yang tepat dan luar biasa dalam upaya pencegahan kanker leher rahim. Bapak Gubernur berharap dengan kegiatan ini akan mendukung transformasi kesehatan di Provinsi Lampung dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan Berjaya.

Tim Panitia Dinas Kesehatan Provinsi Lampung melayani pendaftaran Peserta Deteksi Dini Kanker Leher Rahim di Labkesda Provinsi Lampung (Selasa,5 Maret 2024)
Tim Panitia Dinas Kesehatan Provinsi Lampung melayani pendaftaran Peserta Deteksi Dini Kanker Leher Rahim di Labkesda Provinsi Lampung (Selasa,5 Maret 2024)

Share:

Artikel Terbaru