Percepatan Pendataan Gizi Masyarakat di Lampung Lewat Aplikasi Online E-PPBGM

image_pdfEksporimage_printCetak

Bandar Lampung — Status gizi merupakan salah satu indikator yang menentukan kualitas Sumber Daya Manusia sehingga ditetapkan sebagai salah satu sasaran dan target RPJMN bidang kesehatan 2015-2019, yaitu menurunkan prevalensi balita gizi kurang dan prevalensi balita pendek.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dr. dr. Hj. Reihana, M.Kes meghimbau dan Mengingatkan pentingnya pemenuhan informasi status gizi berdasarkan individu untuk kebutuhan intervensi maka diperlukan penguatan surveilans gizi melalui kegiatan pemantauan status gizi secara rutin dengan menggunakan pencatatan dan pelaporan gizi by name by address saat pembukaan acara tersebut yang diselenggarakan di Hotel Emersia, Bandar Lampung, Senin (25/06/19).

“Pencatatan dan pelaporan by name by address dituangkan dalam bentuk aplikasi online yaitu e-PPGBM (Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat).”

e-PPGBM telah terintegrasi dengan PIS-PK. Apabila ditemukan balita yang mempunyai masalah gizi dari hasil kunjungan rumah dalam kegiatan PIS-PK maupun informasi status gizi balita by name by address dari e-PPGBM ditindaklanjuti bersama lintas program dan lintas sektor dengan melakukan investigasi ke rumah balita.

Kegiatan Orientasi Pemutakhiran Data Surveilans Gizi Tingkat Provinsi Lampung ini diikuti oleh seluruh tenaga pengelola gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Kota dan Tenaga pengelola gizi Puskesmas yang bertujuan mendukung percepatan pencapaian kualitas manusia Indonesia yang merupakan salah satu agenda prioritas nasional (Nawa Cita) dan mendukung visi misi Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi.

Upaya-upaya percepatan pembangunan kesehatan sangat menjadi perhatian Bapak Gubernur Lampung, termasuk perbaikan gizi masyarakat dalam mengatasi permasalahan gizi terutama stunting.

Rencana Aksi Nasional penanggulangan stunting mengusung 5 pilar. Tercapainya pilar ke 3 sebagai bentuk konvergensi dengan lintas sektor, harus didasarkan pada sumber data individu yang akurat agar intervensi yang dilakukan lebih tepat sasaran.

Melalui kegiatan ini, harapannya peserta dapat mengoptimalkan pengentryan data melalui e-PPGBM agar kegiatan Surveilans dapat berjalan sebagai mana mestinya.
———————————————————————————————————
Materi Kegiatan Orientasi Pemutakhiran Data Surveilans Gizi Tingkat Provinsi Lampung
Download

You might also like More from author